SULAP SCIENCE

SULAP SCIENCE

BUNGA BERWARNA DUA

Larutkanlah tinta berwarna merah dan biru dengan air, kemudian masukkan larutan tinta tersebut masing-masing ke dalam tabung. Belahlah tangkai sebuah bunga berwarna putih, misalnya dahlia atau mawar, dan letakkanlah masing ujung tangkai yang telah dibelah menjadi dua ke dalam setiap tabung. Maka urat tanaman tersebut akan segera berwarna, dan setelah beberapa jam kemudian, bunga itu yang sebagian akan berwarna merah dan sebagian akan berwarna biru.

Cairan berwarna masuk melalui saluran yang sangat kecil yang melalui saluran itu, air dan makanan diangkut. Zat warna dalam eksperimen ini disimpan dalam kelopak bunga, sedangkan sebagian besar air keluar dari kelopak bunga.

TINTA YANG TIDAK TAMPAK

Jika kamu ingin menulis sebuah pesan rahasia dengan kertas, maka gunakan saja cuka, jus jeruk, atau jus bawang, untuk digunakan sebagai tinta yang tidak terlihat. Tulislah dengan bahan-bahan tersebut seperti biasanya untuk digunakan menulis di kertas. Setelah kering, tulisan tersebut menjadi tidak tampak. Orang yang menerima surat itu harus mengetahui bahwa surat tersebut harus dipegang di atas nyala lilin; maka tulisan itu akan berubah menjadi coklat sehingga dapat dibaca dengan jelas.

Cuka, jus jeruk, dan jus bawang, menyebabkan terjadinya perubahan kimia di kertas menjadi zat yang serupa dengan cellophane (kertas kaca). Karena perbedaan temperature antara tulisan dengan kertas, maka bagian yang tertulis menjadi terbakar sehingga menimbulkan warna coklat.

MAWAR PUTIH

Sepotong belerang dinyalakan di sebuah wadah selai. Karena uap belerang itu sangat kuat, kamu harus melakukan eksperimen ini di luar rumah. Peganglah sebuah mawar merah di wadah tersebut. Warna bunga itu terlihat lebih pucat hingga menjadi putih.

Jika belerang dibakar, maka terbentuklah sulphur dioksida. Di samping dapat menyebabkan terjadinya sterilisasi hama, gas tersebut juga dapat menimbulkan efek memutihkan, dan warna yang terdapat pada bunga menjadi rusak karenanya. Sulphur dioksida juga merusak klorofil pada tanaman. Itulah sebabnya di daerah industry tanaman menjadi tidak subur karena gas tersebut menyebabkan terjadinya polusi di udara.

MEMINDAHKAN GAMBAR

Foto atau gambar dari surat kabar dapat disalin dengan mudah. Campurlah dua sendok air, satu sendok berisi terpentin, dan satu sendok cairan detergen. Setelah dicampurkan, gosokkan cairan ini dengan spon di gambar di surat kabar. Kemudian letakkan selembar kertas di atasnya, dan setelah di gosok dengan kuat dengan sebuah sendok, maka akan muncul gambar yang jelas di kertas tersebut, yang dipindahkan dari gambar di surat kabar tersebut.

Terpentin dan cairan deterjen jika dicampur dapat membentuk emulsi, yang menembus antara dua pewarna dan partikel minyak dari tinta cetak yang telah mongering sehingga membentuk cairan lagi. Namun yang dapat dipindah gambarnya hanya tinta cetak surat kabar. Gambar mengkilap pada majalah juga dapat dipindahkan.

ASAP LILIN YANG MENYALA LAGI

Nyalakan sebuah lilin, biarkan lilin itu menyala sebentar, kemudian matikan nyala lilin itu dengan meniupnya. Asap putih akan keluar sumbu lilin. Jika kamu memegang korek yang menyala di asap tersebut, maka nyala api akan keluar dari sumbu itu, dan lilin itu akan menyala lagi.

Setelah nyala api itu ditiup, maka stearin masih sangat panas sehingga masih terus menguap sehingga masih menghasilkan asap. Karena mudah terbakar, maka iasegera dapat dinyalakan lagi dengan nyala api. Eksperimen ini menunjukkan bahwa benda padat mula-mula menjadi benda gas di permukaannya sebelum terbakar dan mensuplai oksigen.

BALON YANG MELEKAT

Tiup bebeerapa balon, ikatlah balon tersebut dan gosoklah balon tersebut sebentar saja pada kain wol. Jika kamu meletakkanyya di langi-langit, balon itu akan tetap di sana selama berjam-jam.

Balon-balon memiliki muatan listrik jika digosok, yaitu balon tersebut mengandung muatan partikel negative yang disebut electron dari kain wol tersebut. Karena benda bermuatan listrik, maka balonmenempel pada langitt-langit hingga muatan listrik itu secara bertahap menjadi sama. Hal ini biasanya memerlukan waktu berjam-jam dalam keadaan yang kering karena electron hanya mengalir dengan pelan ke langit-langit, yang merupakan konduktor yang buruk.

LADA DAN GARAM

Taburkan garam-garam kasar ke atas meja, dan campuran dengan beberapa lada. Bagaimana caranya jika kamu akan memisahkan dan lada itu? Gosokkan sendok plastic pada kain wol, dan peganglah sendok plastiknitu di atas garam dan lada yang telah dicampur tersebut. Lada akan menuju k eke sendok dan tetap akan melekat di sendok.

Sendok plastic bermuatan listrik jika digosok, sehingga mampu menarik campuran tersebut. Jika kamu tidak memegang sendok terlalu rendah, lada akan naik terlebih dahulu karena lebih ringan dari pada garam. Untuk mengumpulkan butir garam, kamu harus memegang sendok lebih rendah.

LILITAN KERTAS YANG TERANGKAT

Buatlah lilitan dari selembar kertas tisu sekitar 4 inci persegi, latakkan di tutup kaleng, dan hadapkan ujungnya ke atas. Gosokkan pulpen dengan keras pada kain wol, dan peganglah pulpen yang telah digosokkan tersebut di atas lilitan kertas tersebut. Maka lilitan kertas itu sepertti ular hidup yang menjulur ke atas.

Dalam hal ini, pulpen memiliki muatan electron dari kain wol sehingga mampu menarik kertas yang tidak bermuatan listrik. Jika bersentuhan, kertas memiliki muatan listrik, tetapi muatan itu segera beralih ke tutup kaleng, karena tutup kaleng merupakan konduktor yang baik. Karena sekarang kertas tidak bermuatan listrk lagi, maka keertas itu akan terangkat lagi hingga pulpen kehilangan muatan listriknya.

BATERAI LISTRIK DARI KENTANG

Tempelkan selembar kawat tembaga dan seng yang panjangnya kurang lebih sepanjang jari di kentang mentah. Jika kamu meletakkan sebuah earphone di kawat tersebut, kamu akan mendengar suara gemeretak yang jelas.

Arus listrik dapat menyebabkan terjadinya suara. Kentang dan kawat dapat menghasilkan arus listrik sebagaimana baterai, tetapi lebih lemah. Getah tomat bereaksi dengan logam dalam proses kimia, juga menghasilkan energy listrik. Kita menyebutnya sebagai sel galvanic karena dokter Galvani adalah penemu pertama proses ini, dengan cara melakukan eksperimen seperti ini pada tahun 1789.

LOGAM YANG HANCUR

Letakkan selembar aluminium foil bersama sebuah koin tembaga ke dalam segelas air, dan biarkan selama sehari. Setelah itu, maka air akan kelihatan keruh dan di tempat di mana koin itu diletakkan dapat menyebabkan aluminium foil itu berlubang.

Proses perusakan ini disebut korosi/pengaratan. Korosi sering terjadi ketika logam yang berbeda digabungkan bersama-sama. Pada campuran logam sering terjadi korosi jika campurannya tidak merata. Dalam eksperimen kita ini, air menjadi keruh karena aluminium yang larut . arus listrik yang kecil juga dihasilkan dalam proses ini.

One thought on “SULAP SCIENCE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s